Jumat, 17 April 2015

BMKG Dirikan Sekolah Lapang Iklim di Cirebon

Koran Online Cirebon - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendirikan Sekolah Lapang Iklim (SLI) di Desa Leuwidingding, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon. Sekolah tersebut dimulai Jumat (17/4/2015) dan akan berlangsung selama empat bulan.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Widada Sulistya mengatakan, SLI merupakan program BMKG agar para petani memahami iklim dan menyesuaikan iklim dengan pola tanam. Dengan begitu, kata dia, diharapkan produksi pertanian juga menjadi meningkat.

"Pesertanya berjumlah 24 petani dan satu babinsa. Semua dari Desa Leuwidingding, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon," kata Widada saat pembukaan SLI di area persawahan Blok Patok Patohoman, Desa Leuwidingding, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jumat (17/4/2015).

Para peserta SLI, kata Widada akan didampingi penyuluh pertanian dari Kecamatan Lemahabang dan petugas Stasiun Klimatologi Darmaga, Bogor. Pertemuan dilakukan sepuluh hari sekali, di mana dalam pertemuan diisi dengan mengamati iklim dan diskusi seputar iklim dan pertanian.

"Ini program sebenarnya sudah lama. Sebelum ada praktik lapangan seperti ini kami sosialisasi ke Dinas Pertanian provinsi dan kabupaten/kota, kemudian memberikan penyuluhan ke sejumlah penyuluh dari Dinas Pertanian baik dari provinsi maupun kabupaten/kota, dan sekarang baru sekolah lapangannya," kata Widada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar